Satgas Darat Karhutla Terus Bejibaku Padamkan Sisa Api Di Suka Merindu Muara Enim

oleh -111 Dilihat

Muara Enim, Penasriwijaya.com –Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Sumatera Selatan (Sumsel) mengerahkan Tim Satgas Darat dan Satgas Terpadu Karhutla ke beberapa titik api yang berada di wilayah Desa Suka Merindu Kec. Sungai Rotan Kab. Muara Enim yang mengalami kebakaran hutan dan lahan pada Jumat (9/8/2019).

“MUlai tadi malam ada kurang lebih 5,4 hektar lahan yang terbakar di Desa Suka Merindu Kec. Sungai Rotan Kab. Muara Enim dan kini sedang dalam proses pemadaman oleh Satgas Darat yang dibantu Satgas Udara melalu water bombing”, ujar Dandim 0404/Muara Enim selaku Dansub Satgas wilayah Muara Enim.

Baca Juga :  Wabup OKU Hadiri Pemberian Remisi Kepada Napi Di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Baturaja

Untuk mengatasi kebakaran ini, lanjutnya, dari Satgas darat gabungan mengerahkan sekitar 75 personel untuk melakukan pemadaman menggunakan perlengkapan yang ada bahkan secara manual, karena disini sulit mendapatkan sumber air.

“Satgas darat gabungan sudah bergerak dari kiri dan kanan lokasi melaksanakan pemadaman dan pembasahan lahan dibantu Water Bombing sudah berjalan. Tiupan angin cukup kuat sehingga menyulitkan dalam proses pemadaman. Namun tak menyurutkan semangat pasukan Satgas dan berhasil memadamkan sebagian di tepi dekat kanal, dan kini masih tinggal sedikit api yang masih menyala”, terangnya.

Baca Juga :  Polres OKU Gelar Upacara Peringati HUT Bhayangkara Ke-73 : Bupati OKU Selaku Inspektur

Satgas Darat Karhutla yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), Regu Pemadam Kebakaran (RPK) perusahaan, dan Tim Terpadu lainnya bersama-sama berjibaku padamkan api untuk mencegah meluasnya areal kekabaran.

Sedangkan Satgas Udara dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) daerah Sumsel untuk hari ini (Jumat. Red) telah mendukung pemadaman api melalui udara, dengan mengerahkan 4 Helikopter untuk pemadaman di wilayah Muba 2 unit dan di wilayah Muara Enim 2 unit.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Kunker Panen Padi Perdana Berikan Bantuan Pembangunan Masjid Al-Ikhlas Desa Tangsi Lontar

Saat ini, Satgas Darat dan Satgas Terpadu terus melakukan pemantauan dan pemadaman sisa api serta melakukan pembasahan lahan guna mencegah api tidak timbul kembali. (NP)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *