Dengan Restorative Justice Perkara Ruli Saputra Dihentikan

oleh -841 Dilihat

Baturaja, penasriwijaya.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ogan Komering Ulu (OKU), Ekspose perkara terkait penyelesaian perkara di luar pengadilan bertempat di Aula kantor Kejari OKU, Kamis (15/01/2024).

Berdasarkan Keadilan Restoratif atau Restorative Justice dalam penanganan perkara atas nama tersangka Ruli Saputra Bin Paino yang diduga melanggar Pasal 480 Ayat (1) KUHP secara virtual bertempat di Aula Kejaksaan Negeri OKU. “Kepada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum yang diwakili oleh Nanang Ibrahim Soleh, SH., MH./Direktur Tindak Pidana Oharda pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung Republik Indonesia (RI).

Baca Juga :  Silahturahmi Kabid Humas Polda Bersama Awak Media Mitra Polda Sumsel

Kepala Kejaksaan Negeri OKU Choirun Parapat S.H M.H., didampingi Plh. Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Pajri Aef Sanusi, S.H., dan jaksa Penuntut Umum Nur Hadya Fatma, SH., S.H. dengan dipimpin oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Herry Ahmad Pribadi, S.H., M.H., melaksanakan ekspose perkara terkait penyelesaian perkara di luar pengadilan berdasarkan Keadilan Restoratif atau Restorative Justice.

Adapun alasan penyelesaian perkara di luar pengadilan berdasarkan Keadilan Restoratif atau Restorative Justice karena korban dan tersangka sepakat untuk berdamai, tersangka telah mengakui kesalahannya dan telah meminta maaf kepada korban serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

Baca Juga :  Setiap Musim Hujan Tiba Beberapa Warga RS Kec.Baturaja Timur Sudah Lama Jadi Langganan Banjir

Dan juga tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana Penadahan dan ancaman pidana tidak lebih dari 5 (lima) tahun, selain itu yang terpenting adanya dukungan dari Masyarakat untuk berdamai,” ucap Kajari OKU.

“Atas ekspose tersebut berdasarkan Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum melalui Direktur Tindak Pidana Oharda pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum menyetujui penyelesaian perkara di luar pengadilan, berdasarkan Keadilan Restoratif atau Restorative Justice tersangka Ruli Saputra Bin Paino,”sampai Kajari OKU.

Baca Juga :  Mantan Kades di Pali Punya Senpi Asli Pabrik di Dor Polisi

Dijelaskan pula oleh Kajari OKU bahwa penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif tersebut telah disetujui oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAMPIDUM) sebagaimana Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 tahun 2020,”jelas Kajari OKU. (PS@di).

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.