Usai Pimpin Upacara Puncak Memperingati HBA Yang Ke-62 Ini Penjelasan Kajari OKU

oleh -197 Dilihat

Baturaja, Penasriwijaya.com – Puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke-62 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) XXII tahun 2022, laksanakan upacara bertempat di Halaman Kejaksaan Negeri Kabupaten Ogan Komering Ulu (Kab.OKU), Jumat (22/7/2022).

Bertindak selaku Inspektur upacara yakni Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) OKU, Asnath Anytha Idatua Hutagalung, SH.MH., dan diikuti oleh para Kasi Kejari OKU, para Jaksa, Pegawai dan Staf Kejaksaan, serta Ibu – ibu IAD Kejari OKU

Adapun kata sambutan dari Kepala Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia (RI). Dr. ST. Burhanuddin, SH., MM. yang dibacakan langsung oleh Kajari OKU. Asnath Anytha Idatua Hutagalung, SH.MH., ada 7 (Tujuh) Perintah Harian untuk diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik dan sungguh – sungguh, sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh jajaran Keluarga Besar Adhyaksa dimana pun berada, sebagai berikut :
Yang pertama. Tingkatkan kapabilitas, kapasitas dan integritas dalam mengemban kewenangan berdasarkan Undang – undang. 2. Kedepankan hati nurani dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan. 3.Wujudkan penegakan hukum yang berorientasi pada perlindungan hak dasar manusia. 4. Tingkatkan penanganan perkara yang menyangkut kepentingan masyarakat. 5. Akselerasi penegakan hukum yang mendukung pemulihan ekonomi nasional. 6. Jaga netral aparatur kejaksaan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 7. Tingkatkan tranparansi, akuntabilitas kinerja kejaksaan.

Baca Juga :  Bupati OKU Lepas Rombongan Sepeda Santai/Gowes HUT Bhayangkara ke-73

Selain itu, kita semua selalu menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin karena covid-19 belum berakhir, sehingga dapat selalu memberikan yang terbaik untuk institusi dan bangsa tercinta. Akhir kata, saya ucapkan Selamat Hari Bhakti Adhyaksa Ke 62. Disertai doa dan harapan semoga Korps Adhyaksa semakin baik, tangguh dan jaya,” pungkas Burhanuddin dalam sambutannya yang di bacakan Kajari OKU.

“Saat di wawancarai awak Media usai pelaksanaan upacara, Kajari OKU. Asnath Anytha Idatua Hutagalung, SH.MH., yang di dampingi oleh Kasi Pidum, Armen Ramdhani, S. H., M.H,. Kasi Pidsus Johan Ciptadi, SH Kasi Intelijen Kejari OKU Variska Ardina Kodriansyah, SH, MH., dan kasi Pengelolaan barang bukti dan barang Rampasan, M. Arief Budiman, S.H., mengungkapkan bahwa saat ini untuk keberhasilan banyak, diantaranya dari bidang Pembinaan, berhasil menuntaskan bidang Iksekusi perkara – perkara yang sudah Ingkra, sudah menahun. Sudah berhasil kita lelang, dan tentunya berkaloburasi di bidang Pembinaan dan dibidang barang bukti yang di motori oleh bagian Kasi Barang Bukti dan barang rampasan (BB), tahun ini saja kita sudah merencanakan 4 kali lelang, dan ini sudah berlangsung lelang yang ke 3 dan tinggal menunggu jadwalnya saja, Insyaallah lelang yang terakhir adalah lelang Tanah dari perkara lama,” ucap Kajari OKU.

Baca Juga :  Sisikan Guna Untuk Sesama:IWO OKU Bagikan Takjil

Adapun untuk bidang Pidsus, kita juga berhasil menaikkan tunggakan perkara lama ditahun 2018 tentang pajak dan berhasil menyita uang hampir dari 100 persen, sekitar 1.95 milyar rupiah, dari kerugian sebanyak 2.50 Juta Rupiah dan sekarang kita secara Meraton melaksanakan persidangannya sehingga tidak terlalu lama lagi akan memasuki tuntutan Pidana,”jelas Kajari OKU.

Untuk bidang Intelijen sendiri, lanjut Kajari OKU, kita berhasil melakukan melaksanakan tentang pelayanan Hukum dengan mengapotasi para Kepala Desa dalam penggunaan Dana Desa, bidang Intelijen sangat Masif dalam pelayanan hukum, mereka bekerja siang malam diundang kemana saja bersedia dan juga tentu Fulpaket terhadap Lapdu yang yang sampai kepada kami, dan mereka juga bekerja siang malam,” ungkap Kajari OKU.

Sementara keberhasilan dari bidang Pidum, kami juga melaksanakan penegakan hukum Omanis melalui RJ sebanyak 6 perkara dari target sebanyak 3 perkara, selain itu kami juga sudah mendirikan Rumah RJ yang bertempat di Kantor Kelurahan Baturaja Lama dan di Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU ini, dan tidak menutupi kemungkinan kami juga mengupayakan berdirinya balai Rehap, tentunya akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten OKU, kemungkinan dengan Badan Narkotika Internasional, Polres OKU serta pihak – pihak selkoder tertentu lainnya,”terang Kajari OKU.

Baca Juga :  Sekda Dan Forkopimda OKU Hadiri Video Cenference Rakor Pengamanan dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19

Adapun dalam mencapai target kedepannya, kami mungkin akan menyiapkan surface kantor Kajari OKU yang lebih memadahi dengan telah disetujuinya anggaran dari Dipa pemkab OKU untuk pembangunan, rencana untuk pembangunan kantor Kejari OKU, adapun letaknya kantornya itu di daerah Kemelak Kecamatan Baturaja Timur, dan kami telah terima hibah tanah, kami sama sekali menerima dalam bentuk uang tetapi dan bentuk bangunan dan anggaran saja, dan itu tentunya untuk dan meningkatkan kualitas kinerja,
Selain itu saya sebagai pimpinan di Kejari OKU, akan mendukung Ide Kreatif dari staf dan Kasi – kasi kita yang mempuni dalam bidang – bidangnya dan juga mendukung Sosiditas, karna kalau terpecah – pecah pasti tujuan organisasi tidak akan tercapai,” pungkas Kajari OKU. (PS@di)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.