Tim Intelijen Kejari OKU Berikan Materi Hukum Terangkan Tentang UU Jaga Desa

oleh -559 Dilihat

Baturaja, penasriwijaya.com – Tim Intelijen Kejari Ogan Komering Ulu (OKU) melakukan pemberian Materi Tentang Hukum di 6 (Enam) Desa Se-Kecamatan Sinar Peninjauan bertempat di Gedung Serbaguna Desa Sri Mulya, Kamis (11/07/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) OKU, Choirun Parapat, SH., MH., yang mewakili Kepala Bagian Seksi Intelijen Hendri Dunan SH., Camat Sinar Peninjauan, Rian Trinanda SIP MS.i., Kepala Desa se-Kecamatan Sinar Peninjauan, Babinkamtibmas, Babinsa Pendamping Desa (PD) ketua dan Anggota BPD, serta undangan lainnya.

Kepala desa Sri Mulya H.Arparudin., ketua BKAD serta Ketua Panitia pelaksana dalam acara Penyuluhan Hukum tersebut H.Arpanudin Kepala desa Sri Mulya dengan laporan menyampaikan,” kami merasa senang dengan kedatangan pihak dari Kejari OKU dan kami selaku kepala desa serta perangkat desa bisa terus di ingatkan, di bimbing melalui Bimbingan Teknis (Bimtek), ini sangat kami perlukan. “Hal ini perlu untuk kami agar kami bisa tidak salah langkah dalam menjalani roda kepemerintahan desa ini. “Sejauh ini kami berharap kinerja dari kami selalu berusaha yang terbaik lagi,” menyampaikan laporannya,” sampainya.

Camat Sinar Peninjauan Rian Trinanda SIP MS.i., dalam kata sambutanya sekaligus membuka acara tersebut mengatakan,” pemberian Materi tentang Alvokasi hukum di desa se-Kecamatan Sinar Peninjauan seperti ini yang kami harapkan, dan kami senang dan kami mengucapkan selamat datang kepada pihak kejaksaan.

Adanya giat seperti ini kami bisa tahu dan lebih tahu lagi permasalahan yang menyangkut tentang Mengalokasikan Dana Desa, Alhamdulillah selama saya tugas di kecamatan ini sampai sekarang belum ada yang melenceng dari peraturan yang berlaku.

Baca Juga :  Pejabat Bupati OKU Melantik Direktur Perumda Air Minum Tirta Raja Periode 2024-2029

Dirinya berharap kepada kepala desa serta perangkatnya agar kiranya dapat bekerja lebih baik lagi, dan sangat – sangat lebih jeli lagi dalam pengelolaan keuangan Dana Desa, ada peraturan yang harus kita patuhi,”harap camat.

“Kami mintak bimbingannya.”Kadang kita sudah paham, tapi terkadang kita sebagai manusia kita lupa, kepada pihak kejaksaan kami sangat berharap bimbingnya.

Tolong kepala Desa perangkat desa agar kiranya menyimak agar lebih mengerti lagi dalam mendapatkan ilmu yang kita dapatkan hari ini,”pintanya.

Kepala Bagian Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari OKU., Hendri Dunan SH., dalam memberikan Materinya menyampaikan,” pendorong dana desa agar tepat sasarannya itu tujuan kita semua, sebenarnya untuk menjaga dana desa bukan dari pihak kejaksaan saja, dari mulai Kepolisian, TNI, Kecamatan, BPD, serta masyarakat juga bisa dalam hal pengawasannya.

Tujuan kami kesini intinya untuk mengingatkan kita semua, jangan sampai dalam pengelolaan Dana Desa dari mulai penyusunan awal serta penyampaian laporan SPJ nya tidak benar, kan hal itu bisa mengakibatkan kerugian Negara, apabila dalam pemeriksaan adanya temuan itukan bisa merugikan diri sendiri serta bisa menyengsarakan keluarga kita.

Pemerintah desa Mengucurkan dana desa ke desa itu harapan masyarakat, Pemerintah pusat, provinsi serta pemerintah Daerah kabupaten/kota, Pemerintah bertujuan agar desa bisa maju dan lebih maju lagi,”ucap Kasi Intel Kejari OKU.

Baca Juga :  Ratusan Massa Yang Tergabung Dalam Gerakan Pemuda Dan Mahasiswa OKU Datangi Gedung DPRD

Jangan sampai uang pengelolaan Dana Desa menjadi uang pribadi sendiri, apabila itu terjadi dapat di pastikan akan di proses secara hukum.

Banyak bentuk dari korupsi, baik itu penyusunan dan pelaksanaan serta pelaporan, yang mana mana bersentuhan dengan ke uangan itu yang sangat di perhatikan, misalnya tadinya kehidupannya biasa – biasa saja akan tetapi pada saat ada laporan tentang pengelolaan Dana Desa di temukan Mar’af sampai Fiktif, kan akan di proses, apabila uang itu di kembalikan dengan tidak melalui prosedur yang benar, serta di sengaja dalam membuat kesalahan masih tetap akan di lanjutkan di proses secara hukum,” tegas Kasi Intel Kejari OKU.

Kasubsi Sospol Kejari OKU Abdullah Arby., dalam penyampaiannya mengatakan,”Pemerintah menyalurkan Dana Desa yaitu untuk mensejahterakan rakyat bukan untuk menyengsarakan rakyat dan juga dapat merasakan pembangunanya, itu sesuai dengan peraturan pemerintah. Dan haruslah berhati – hati dalam pengelolaan Dana Desa,”

Kasubsi Sospol Kejari OKU Abdullah Arby., juga dalam penyampaian Materinya mengungkapkan,” sesuai dengan pasal 30 B Undang – undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Undang – undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia. “Disebutkan bahwa “Dalam Bidang Intelijen Penegakan Hukum.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polres OKU Amankan SJ Kedapatan Bawa Sabu Berbalut Tissu

Kejaksaan berwenang menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pelaksanaan pembangunan. Dana desa merupakan program pembangunan pemerintah sehingga hal ini menjadi bagian tanggung jawab Kejaksaan dalam memberikan dukungan dan pengamanan demi tercapainya tujuan pembangunan seutuhnya.

Dirinya juga menyampaikan,” Jaga Desa Merupakan Program hasil Kerja sama antara Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kementrian desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam rangka mengawal penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa Kerjasama antara Kejaksaan RI dan Kementrian PDTT di Bidang Pengawalan Pendistribusian dan Pemanfaatan Dana Desa merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Menteri Desa Pada Tanggal 15 Maret 2018. Program Jaga Desa ini membantu Penyelenggara tidak lakukan hal – hal Jain (Penyimpangan). Karena Pencegahan lebih baik dari pada Penindakan.

Kasubsi Sospol Kejari OKU Abdullah Arby., menambahkan,” adapun masalah tentang kegiatan desa. Program Jaga Desa untuk Mewujudkan Pemahaman yang sama antara perangkat Pemerintah daerah di bidang pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan Desa dengan Aparat Penegak Hukum, dalam mengawal Pendistribusian dan Pemanfaatan Dana Desa, dan merupakan salah satu program prioritas Pemerintah dalam mewujudkan Pembangunan Desa-Desa.

Selain itu Kasubsi Sospol Kejari OKU Abdullah Arby., juga menambahkan tentang adanya tim Saber Pungli yang ada di Kabupaten OKU, serta menjauhinya jangan sampai kita terkena hal tersebut,” pungkasnya. (PS@di)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.