Senin, November 29, 2021
BerandaSumselPalembangRealisasi Pembangunan Lampu Tenaga Surya Di Indonesia

Realisasi Pembangunan Lampu Tenaga Surya Di Indonesia

Palembang, Penasriwijaya.com – Palembang Program Desa Terang Menuju Indonesia Terang yang merupakan program Nawacita Presiden Rebuplik Indonesia (RI) Ir.H Joko Widodo yang saat ini mulai bergulir di Indonesia.

Program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) akan di mulai pada Februari 2021 ini dengan melibatkan pemerintah desa setempat. Kamis (21/1/2021).

Sebanyak 17 Provinsi desa terpencil di Indonesia akan menerima bantuan 200 ribu unit lampu penerangan jalan umum tenaga surya. Program ini akan melibatkan kerjasama dengan 47 perusahaan Mitra yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Program pemasangan lampu jalan umum ini ditujukan untuk desa terpencil di Indonesia yang sulit terjangkau oleh PLN.

Baca Juga :  Kasdim 0402/OKI Hadiri Panen Raya Padi IP200 Di Desa Cahya Maju Lempuing

Direktur Utama PT. Diaz Biro Persada, Farial Yuda, saat memberikan keterangan ke pada Media penasriwijaya.com mengatakan bahwa program ini akan tetap mengedepankan partipasi masyarakat desa setempat.Beliau berharap proyek ini akan membantu perekonomian masyarakat setempat melalui penyerapan tenaga kerja dan memperlancar aktivitas ekonomi. Dan sosialisasi PJU-TS ini sudah dilakukan bertahap dibeberapa provinsi,” ungkapnya.

“Lampung adalah salah satu provinsi yang sudah melakukan sosialisasi pada masyarakat tentang PJU-TS ini. Sosialisasi di Lampung sudah dilakukan di kabupaten tulang bawang, mesuji, way kanan, lampung utara, lampung selatan, pesawaran dan kabupaten pringsewu.

Baca Juga :  Bupati OKU Hadiri Rakor Karhutla Di Griya Agung Palembang

Pada tahap awal program PJU-TS ini akan dibiayai oleh investor. Setelah program ini berjalan program ini akan dibuat sesuai dengan skema yang melibatkan unsur desa. Hingga saat ini daerah di Indonesia sudah tersentuh program PJU-TS adalah Indonesia Timur diantaranya yaitu Tidore, Nusa Tenggara Barat, dan Sumba untuk wilayah barat lampung dan sumsel.

Sementara itu salah satu maincont Program PJUTS ini untuk wilayah Lampung dan Sumsel yang juga Direktur Utama Multi Ranca Bangun Prima Muhamad Darsono,”mengatakan jika program Desa Terang yang akan dimulai dari Bulan Februari 2021 ini untuk Provinsi Lampung pihaknya akan mengerjakan 7 Kabupaten dengan total pemasangan 25000 titik yang akan dibangun secara bertahap dan sumsel 25000 titik semoga program ini selain dapat menerangi desa terutama yang sulit dijangkau oleh PLN juga dapat membantu pendapatan dan perekonomian warga,” ujarnya. (Sadiman).

Baca Juga :  Usai Sertijab Di Mapolda Sumsel Kapolres Banyuasin Adakan Pisah Sambut
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

error: Content is protected !!