oleh

Polres OKU Laksanakan Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Musi 2021

Baturaja, Penasriwijaya.com – Kepolisian Resor (Polres) Ogan Komering Ulu (OKU) melaksanakan Apel Gelar pasukan Operasi (OPS) Patuh Musi tahun 2021. Senin (20/09/2021) Sekira pukul 08.00 WIB bertempat di Lapangan Mapolres OKU.

Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Musi 2021 di Polres OKU dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) OKU AKBP Danu Agus Purnomo, S.I.K.,

Adapun perwakilan penyematan pita OPS Patuh Musi 2021 Polres OKU dari terdiri dari Personil Polisi Militer, Personil Sat Lantas, Personil Dishub dan Personil Sat Pol PP.

Amanat Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel pada Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Musi 2021 Polres OKU di bacakan oleh Kapolres OKU, “diantaranya, pada kesempatan ini saya akan membacakan amanat dari Direktur Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Sumsel) dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Musi 2021. Pertama – tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat hadir bersama dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Musi TA. 2021.

Permasalahan dibidang Lalu Lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini merupakan konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana transportasi dalam memenuhi kebutuhan hidup dewasa ini transportasi telah berkembang dampak dari kemajuan teknologi, contohnya order kebutuhan transportasi sudah berada dalam genggaman (cukup dengan menggunakan handphone), cukup hanya sekali klik, kita sudah bisa langsung menyikapi situasi dan kondisi permasalahan bidang Lalu Lintas tersebut,” sampainya.

Polri dalam hal ini Polda Sumsel akan melaksanakan kegiatan Operasi Kepolisian dengan sandi OPS “Patuh Musi TA. 2021”. Pada Operasi Patuh Musi TA. 2021 Polda Sumsel menurunkan sebanyak 400 personel, dengan harapan pada pelaksanaan Ops Patuh Musi TA. 2021 yang akan dilasanakan pada tanggal 20 September 2021 s/d 03 Oktober 2021 selama (14 hari) dapat mewujudkan Kamseltibcarlantas dan dapat meningkatkan kepatuhan serta ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas.

Kita ketahui bersama bahwa angka kecelakaan Lalu Lintas diwilayah Polda Sumsel pada Operasi Patuh Musi 2020 sebanyak 11 kejadian, sedangkan pada Operasi Patuh 2019 terjadi 18 kejadian atau mengalami penurunan 7 kejadian atau 39 %. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia mengalami penurunan dari 180rang menjadi 2 orang atau mengalami penurunansebanyak 16 korban jiwa / 89%. untuk korban lukaberat mengalami penuruan dari 7 menjadi 4 orang/43%.

Untuk jumlah pelanggaran Lalu Lintas selama Operasi Patuh Musi tahun 2020 berjumlah 7.750 lembar sedangkan untuk tahun 2019 4.076 lembar tilang atau menurun 35,8%.

“Dari hasil analisa dan evaluasi tersebut di atas pelanggaran yang terjadi didominasi berupapelanggaran sepeda motor yang tidak menggunakan helm sni, pengemudi ranmor yang melawan arah, dan menggunakan hp pada saat mengemudikan ranmor. Pada Operasi Patuh Musi TA. 2021.

Polda Sumsel telah menetapkan sasaran, target dan cara bertindak yang bertujuan yaitu;
1. Meningkatkan disiplin masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan;
2. Meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas
3. Mencegah penyebaran Covid 19 serta mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang mantap

Adapun sasaran Operasi Patuh Musi TA. 2021 adalah:
1. Segala bentuk kegiatan masyakat yang berpotensi menjadi Cluster penyebaran Covid-19. 2. Masyarakat yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan. 3. Masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalulintas
4. Lokasi rawan macet, pelanggaran dan Laka Lantas serta rawan kerumunan

Target Operasi Patuh Musi tahun 2021 sebagai berikut :
1. Memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid19)
serta mencegah terjadinya kerumunan massa.
2. Terciptnya Kamseltibcar Lantas pada jalur tol arteri dan tempat wisata. 3. Memperlancar arus Lalu Lintas dan menurunkanjumlah fatalitas
korban Laka Lantas.

Untuk cara bertindaknya adalah sebagai berikut : 1.5 M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari
kerumunan & mengurangi mobilitas). 2. Melakukan 3 T (Testing, tracing & treatment)
3. Melaks Vaksinasi & Pamwal Vaksin. 4. Penerapan Aplikasi Peduli Lindungi. 5. Giat Dikmas Lantas. 6. Turjawali
7. Pembatasan Mobilitas
8. Rekayasa Lalu Lintas (Penerapan Gage, penutupan jln, oneway dll) dengan melakukan berbagai kegiatan terhadap sasaran, target dan cara bertindak tersebut di atas diharapkan Operasi Patuh Musi Tahun ini, diharapkan tujuan dari Operasi Patuh dapat terwujud.

Operasi Patuh pada Tahun ini kita masih sama dengan situasi operasi Patuh pada Tahun ebelumnya dimana kita masih berada ditengah mewabahnya virus covid-19. Dampak dari erebaknya Virus Corona sampai saatini masih bisa kita rasakan, untuk itu Operasi Patuh yang kita laksanakan Sekarang juga menargetkan timbulnya kesadaran masyarakat untuk peduli turut serta memutus penularan Virus Corona bagi masyarakat yang sedang berlalu lintas. Salah satu contohnya adalah himbauan penggunaan masker, menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan sebelum memasuki kendaraan umum dan menjaga jarak antar penumpang. Hal ini perlu di kampanyekan secara terus menerus dalam rangka menimbul kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya akan menekankan beberapa hal untuk dipedomani selamapelaksanaan Operasi :
1. Senantiasa berdoa kepada Tuhan YME sebelum melaksanakan tugas;
2. Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar Operasionalprosedur yang ada;
3. Samakan persepsi serta hindari perdebatan dengan pelanggar Lalu Lintas dan tindakan yang arogan;
4. Laksanakan tugas Operasi Patuh dengan baik, Humanis, tidak arogan sehingga tidak menimbulkan komplain dari masyarakat pengguna jalan.

Akhirnya dengan memanjatkan puji syukurkehadirat Tuhan Yang Esa, saya mengucapkan “Selamat melaksanakan tugas Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi “Patuh Musi-2021”. Semoga Allah SWT, Tuhan YME senatiasa memberikan bimbingan, kekuatan dan petunjuk-nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara. Sekian dan terima kasih,” jelas Polres OKU.

(SP@di)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed