Perlu Perhatian, Belasan Rumah di Desa Kedondong Nyaris Longsor akibat Aliran Sungai Ogan

oleh -1216 Dilihat

Baturaja, Penasriwijaya.com – Belasan rumah warga di Desa Kedondong Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan nyaris habis tergerus longsor akibat aliran sungai ogan yang terus mengancam rumah warga.

Seperti yang terjadi, pada Sabtu menjelang sahur warga dikejutkan beberapa buritan rumah warga yang longsor. Hal ini membuat warga setempat waswasan menempati rumahnya khususnya rumah warga yang berada di bantaran pinggi sungai ogan.

Diceritakan warga, dulunya rumah mereka jauh dari pinggir sungai, namun saat ini sudah sangat dekat bahkan beberapa rumah sudah sangat terancam tergerus longsor.

Baca Juga :  Peringati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-59 Dan HUT Adhyaksa Dharmakarini Ke-19 Kajari OKU Serahkan Bantuan

Ini terjadi apabila aliran sungai deras serta dilanda hujan maka diakui warga rumah mereka tinggal menunggu waktu saja ikut tergerus sungai Ogan.

“Tolonglah pak, selama ini tidak ada perhatian, ini rumah kami satu – satunya mau kemana lagi kami pindah,”ujar Sandi mengeluh, pada Sabtu (17/4/2021).

Selama ini kata Sandi tidak upaya pemerintah untuk mengantisipasi longsor. “Dulu memang ada proyek bronjong tapi tidak lama sudah ikut longsor,”katanya.

Warga sendiri sangat berharap upaya pemerintah untuk mengantisipasi kejadian yang terus mengancam warga setempat.

Baca Juga :  Sebagai Bentuk Kepedulian Sesama Bapera OKU Gelar Talih Asih Kunjungi Panti Asuhan

Pantuan dilapangan, bukan hanya rumah warga yang terancam namun satu jembatan juga ikut terancam yang menghubungkan kecamatan Peninjauan hinga kabupaten Ogan Ilir.

Jika tidak diupayakan antisipasi bukan tidak mungkin akses jalan setempat terputus.(Tim/SPJ)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *