Pejabat Bupati OKU Hadiri Rapat Koordinasi Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat

oleh -679 Dilihat

Baturaja, penasriwijaya.com – Pejabat (PJ) Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) H.Teddy Meilwansyah SSTP MM. MPd., menghadiri rapat Koordinasi Gubernur sebagai Wakil Pemerintah pusat bertempat di Hotel Arya Duta Palembang, Selasa (21/3/2023).

Rapat Koordinasi ini mengangkat tema “Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Pemerintah Daerah”. Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H.Herman Deru ,SH.MM., mengatakan,” terus memperkokoh peran dan fungsi Camat sebagai pemimpin di suatu wilayah. Hal itu dilakukan, sebagai langkah percepatan penyelesaian batas Kecamatan dan Desa Kelurahan yang kadang sering terjadi kekeliruan,”ucap Gubernur Sumsel.

Baca Juga :  Berawal Di Dua Kecamatan Tahun 2022 Tim Kejaksaan Negeri OKU Laksanakan Penyuluhan Hukum Di Pemerintah Desa

“Begitu pentingnya tugas Camat ini sebagai pemegang wilayah. Camat berfungsi sebagai perpanjangan tangan kepala daerah baik dalam menjalankan tugas pembangunan maupun dalam mengatasi berbagai persoalan di wilayah, termasuk batas wilayah kecamatan,” terang Herman Deru.

Gubernur Sumsel menyebut, Camat sebagai koordinator di Kecamatan dan juga perpanjangan tangan kepala Daerah mempunyai andil besar dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebagai pemimpin wilayah, Camat diberikan kewenangan untuk mengatasi persoalan wilayah yang dipimpinnya.Kendati begitu, Herman Deru berharap setiap permasalahan sebisanya diselesaikan secara persuasif,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis Mengukuhkan Kepengurusan Asosiasi UPPB

Melihat begitu besarnya peran Camat, Herman Deru mengharapkan agar ke depan para Camat ini diberikan pendidikan dan latihan sesuai dengan kompetensinya,” tambah Gubernur Sumsel.

Sementara itu, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal mengatakan, Camat memiliki tugas cukup penting di pemerintahan. Gubernur merupakan wakil pemerintah pusat di daerah. Dimana, dari identiikasi, Gubernur diamanahkan 46 wewenang yang harus dijalankan di Daerah.

Namun, dia menilai, Herman Deru merupakan salah satu Gubernur yang sukses mengimplementasikan tugas tersebut di daerah. Ini yang harus kita apresiasi,” sampainya.

Baca Juga :  Malam Pamit Kasat Intelkam Berjalan Dengan Penuh Hikmah Dan Haru

Rakor tersebut di hadiri sejumlah Bupati dan Walikota, OPD, dan Camat dari 17 Kabupaten dan Kota di Sumsel. (PS@di)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.