Motif Aksara Ulu Dan Gambar Naga, Batik Khas OKU Lebih Trendy

oleh -2818 Dilihat

Baturaja, Penasriwijaya.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Disdik OKU) melalui SPNF SKB Disdik OKU terus berinovasi untuk memperkenalkan batik khas OKU ke masyarakat luas khususnya masyarakat OKU.

Inovasi yang dilakukan yakni dengan mengkreasikan motif batik khas OKU yang terdiri dari bunga kangkung, pucuk rebung dan bunga matahari dipadukan dengan tulisan aksara ulu (kagenge) dan gambar naga.

Motif gambar naga sengaja dipilih karena naga identik dengan cerita legenda dan cerita rakyat di OKU seperti contohnya Kubangan Naga, Saung Naga dan lainnya. Selain itu lanjutnya Naga melambangkan kewibawaan dan kekuatan.

Baca Juga :  PLH Bupati OKU Menerima Audiensi Ormas BAPERA

Hal itu di sampaikan Kepala Disdik OKU H Teddy Meilwansyah SSTP., MM. MPd., saat dibincangi wartawan Jum’at (16/4/2020)., “Kita mencoba berkreasi agar batik khas OKU ini lebih menarik dan trendy serta lebih kekinian,” kata Teddy

Inovasi pengembangan motif batik khas OKU Ini menjadi salah satu program unggulan SPNF SKB OKU, dalam matif kreasi ini Disdik OKU juga memperkenalkan aksara ulu (Kagenge) ke masyarakat luas. Dengan kreasi motif yang dilakukan ini Teddy berharap bisa menjadikan batik khas OKU lebih menarik dan digemari oleh masyarakat luas khususnya OKU. “motifny kita padukan sehingga lebih kekinian yang kita harapkan lebih menarik dan bisa diterima oleh masyarakat umum dan kalangan milenial,” harapnya (Red)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.