Dulu Tempat Pembuangan Sampah Sekarang Di Sulap Jadi Giat Penguatan Ketahanan Pangan

oleh -295 Dilihat

Baturaja, Penasriwijaya.com – Desa Tanjung Sari Kecamatan Pengandonan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Kab.OKU) Launching Program Penguatan Ketahanan Pangan Desa Menuju Pengembangan Wilayah Berbasis Ramah Lingkungan Dan Daerah Aliran Sungai ( DAS ) Rabu (22/06/2022).

Tampak Hadir di acara tersebut, Kepala Desa Tanjung Sari Junaidi, Camat Pengandonan Oktaria Rosalina.S.Ip.M.Si., Kapolsek Pengandonan, IPTU Dwi Hendro Saputro, SH., Danramil Pengandonan diwakili, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Baturaja. (Unbara) Prof. Dr. Ir. H. Gribaldi., M.Si., Kepala Dinas (Kadin) Pertanian, yang di Wakili, Kadin Pertahan Pangan yang di Wakili, Kadin PU Perkim yang di Wakili, Kadin Koperasi UMKM, LLH Jejak Bumi Indonesia OKU, Ibu – ibu PKK desa Tanjung Sari, Toko Masyarakat, Tokoh Agama, masyarakat Desa Tanjung Sari dan tamu lainnya.

Kepala Desa Tanjung Sari Junaidi saat kata sambutan
Kepala Desa Tanjung Sari Junaidi saat kata sambutan

“Kepala desa Tanjung Sari Junaidi saat memberikan kata sambutannya menyampaikan,” lokasi ini, dulunya tempat pembuangan sampah warga, tetapi sekarang dengan upaya yang keras kami menyulapnya menjadi lokasi Program Penguatan Ketahanan Pangan Desa Menuju Pengembangan Wilayah Berbasis Ramah Lingkungan DAS,” kata Kades Tanjung Sari pada saat memberikan sambutannya.

Baca Juga :  Kadisdik ProvinsiĀ Sumsel Hadiri Pencanangan Program Pembelajaran Berbasis IT Di SMAN 1 Air Saleh

“Walaupun ada pemotongan pemangkasan Dana Desa Sebesar 20 Persen yang tersalur di Desa Tanjung Sari ini, hal itu tidak bisa menyurutkan niat kami untuk memajukan desa Tanjung Sari ini, kita akan upaya untuk memajukan desa Tanjung Sari ini dan kami warga desa disini sangat ingin maju, selama ini Desa Tanjung Sari sangat ketinggalan dengan desa – desa lainnya. Kami siap untuk dibimbing dan di bina agar di kedepannya desa Tanjung Sari bisa sebanding dengan desa – desa lainnya,” terang Kades.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Baturaja. (Unbara) Prof. Dr. Ir. H. Gribaldi., M.Si., saat memberikan kata sambutan
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Baturaja. (Unbara) Prof. Dr. Ir. H. Gribaldi., M.Si., saat memberikan kata sambutan

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Baturaja. (Unbara) Prof. Dr. Ir. H. Gribaldi., M.Si., dalam kata sambutannya,” kalau kita ada niat untuk maju, pasti akan maju, desa Tanjung Sari sebelumnya saya sangat tahu, tetapi allamdulilah sekarang sudah ada kelihatan kemajuannya. Fakultas Pertanian ada yang nama pengabdian untuk masyarakat dan hari ini kita lakukan tepatnya di desa Tanjung Sari ini,”

Baca Juga :  Kajari OKU. Bayu Pramesti, SH., Pimpin Pelantikan Dan Sertijab Kasi Pidsus Serta Kasi BB Dan Barang Rampasan

Program Ketahanan pangan ini bukan hal yang baru, tetapi sudah lama ada. Program Pertahanan pangan ini tidak bisa berdiri sendiri, tanpa ada beberapa pilar yang tidak bisa di pisahkan,” sampainya.

Desa Tanjung Sari ini, salah satu akan menjadi Desa binaan Fakultas Pertanian Universitas Baturaja, kami berharap adanya hal semacam ini bisa menjadi Kesinambungan untuk kedepannya nanti, antara Fakultas Pertanian dan Desa,” harapnya.

Camat Pengandonan Oktaria Rosalina.S.Ip.M.Si., saat Menyampaikan kata sambutannya
Camat Pengandonan Oktaria Rosalina. S.Ip.M.Si., saat Menyampaikan kata sambutannya

Sementara dalam kata sambutannya juga Camat Pengandonan Oktaria Rosalina.S.Ip.M.Si., dalam kata sambutannya menyampaikan,” salah satu Prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2022 yaitu Kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Desa diantarnya Kegiatan Ketahanan Pangan,”

Sementara dalam kata sambutannya juga Camat Pengandonan Oktaria Rosalina.S.Ip.M.Si., menyampaikan,” salah satu Prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2022 yaitu Kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Desa diantarnya Kegiatan Ketahanan Pangan,”jelas Camat Pengandonan.

Baca Juga :  Puncak Hari Juang TNI-AD Mengadakan Acara Funbike Gowes

“Dan Kami selaku Pemerintah Daerah Kabupaten OKU melalui Kecamatan Pengandonan sangat mendukung kegiatan seperti ini, yang positif, bagi Desa – desa yang ada di Kecamatan Pengandonan program semacam ini harus kita dukung serta kembangkan.

Saya mengharapkan hal ini bukan hanya sekedar sementara saja, tetapi berkelanjutan dan kegiatan ini bisa jadi contoh bagi desa – desa yang ada di Kecamatan Pengandonan ini, melalui Dana Desa. Desa akan mencapai kemajuannya, dan bisa terwujud untuk memajukan masyarakatnya, Dulunya terpuruk di kedepannya nanti akan membaik, asal dalam melaksanakannya tidak ada yang Sia -sia, apa bila bisa di maksimalkan hal itu bisa di selesaikan giat apapun yang mau kita niatkan,” pungkas Camat Pengandonan.

Acara dilanjutkan photo bersama, menanam Pohon secara Simbolis serta dilanjutkan dengan Meninjau lapangan pangan dan kolam serta mengikuti Pelatihan dilokasi tersebut. (PS@di)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.