Desa Tanjung Pura Laksanakan Rembuk Stunting

oleh -389 Dilihat

Baturaja, Penasriwijaya.com – Desa Tanjung Pura Kecamatan Pengandonan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Kab.OKU) melaksanakan kegiatan Rembuk Stunting bertempat halaman depan kediaman rumah Kepala Desa Tanjung Pura Kamis (01/09/2022).

Adapun kegiatan utama dalam Rembuk Stunting di Desa, meliputi pembahasan usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif yang disusun dalam diskusi kelompok terarah dan pembahasan dan penyepakatan prioritas usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita bayi di bawah 5 tahun akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun.

Dalam kata sambutannya Kepala Desa (Kades) Tanjung Pura Asmawi menyampaikan,” sesuai dengan jadwal di desa ini, untuk melakukan rembuk Stunting, kita sama – sama berharap agar dalam perembukan hari ini kita bisa mengatasinya dan mencapai di angka Nol di kedepannya,” kata Kades Tanjung Pura.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Kunker Ke Kab.OKU Resmikan Gedung Baru RSUD Dr.H.Ibnu Sutowo Baturaja

Di tahun sebelumnya ada satu anak yang mengalami Stunting, dan kepada Ibuk – ibuk desa Tanjung Pura ini, marilah kita mendengarkan serta menyimak, adapun saran maupun pendapat di acara Rembuk Stunting pada hari ini agar bisa menyampaikan keluhan serta pendapat. Ini dapat menjadi ilmu pengetahuan bagi kita di kedepannya nanti,” terang Kades Tanjung Pura.

Sementara, Camat Pengandonan Oktaria Rosalina.S.Ip.M.Si., menyucapkan terima kasih atas sambutannya terhadap kami, sebagai pihak kecamatan, acara ini memang harus kami datangi, ini memang jadi kewajiban kami,” sampai Camat Pengandonan.

“Di tahun sebelumnya ada anak balita yang masuk di katagori Stunting, dan bagaimana untuk kedepannya tidak ada lagi yang seperti itu, dan itu menjadi PR bagi kita, Rembukan seperti ini sangatlah penting.

Kepada Kepala Desa kita sama – sama berharap bukan hanya sekedar ini saja, tetapi untuk ketahanan pangannya bisa kita laksanakan dan ada kelanjutkannya, dengan tersalurnya Dana Desa di Kabupaten OKU khususnya di Kecamatan Pengandonan ini, kita dapat melaksanakan hal – hal yang bermanfaat guna mensejatahkan Masyarakat Desa,” jelas Camat Pengandonan.

Baca Juga :  Kapolsek Baturaja Barat,Unit Reskrim Dan Rombongan Adakan Giat Anjang Sana

Kepala UPTD Kecamatan Pengandonan Putri Yanti SKM, dalam giat ini juga menyampaikan,” tahun sebelumnya didesa Tanjung pura ini ada satu anak balita yang masuk di katagori Stunting, dan untuk kedepannya nanti, kita sama mengharapkan, tidak ada lagi anak yang terkena Stunting, dengan adanya rembuk Stunting, inilah kita bisa mengupayakan pencegahan mengatasi Stunting di desa kecamatan Pengandonan ini,” ucap Kepala UPTD Kecamatan Pengandonan.

Kami mengharapkan, untuk ibu – ibu, dapat untuk mengajak dan memeriksakan kehamilannya di puskesmas, serta kepada bidan desanya mengupayakan pemeriksaan lebih lanjut terutama warga yang jauh dari jangkauan desa, dan segeralah melaporkan hasilnya bagaimana. Kita harus saling mengingatkan agar anak – anak balita kita sehat, bukan itu saja kita juga memperhatikan dari segi makanan serta kesehatan si ibu yang sedang mengandung, hal itu sangat lah penting, bagi kesehatan sijanin, hindari mengkonsumsi makanan dari bahan pengawet. Intinya bagaimana kita bisa mencegah agar kiranya dapat mengatasi Stunting di Lingkungan kita sendiri,” pungkasnya.

Baca Juga :  Bupati OKU Hadiri Sertijab Kepala Perwakilan BPK RI Prov Sumsel

Adapun dalam acara tersebut ibu – ibu desa Tanjung Pura berembuk dan membuat duduk melingkar dalam berdiskusi, dan apapun asil dalam perembukan tersebut di bahas bersama – sama dan photo bersama.

Hadir dalam acara Rembuk Stunting tersebut, Kepala Desa Tanjung Pura Asmawi, Camat Pengandonan Oktaria Rosalina.S.Ip.M.Si., Kepala UPTD Kecamatan Pengandonan Putri Yanti SKM., Kepala Dinas (Kadin) Pemberdayaan Pemberdayaan Dan Desa Kabupaten OKU yang diwakili, Tenaga Ahli (TA) Pendamping Desa (PD), Ibu – ibu PKK Kabupaten OKU dan Kecamatan Pengandonan, PKK Desa Tanjung Pura serta para undangan lainnya. (PS@di)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.