Desa Gunung Liwat Melakukan Kegiatan Rembuk Stunting Pencegahan Dalam Gagalnya Pertumbuhan Bagi Anak

oleh -265 Dilihat

Baturaja, Penasriwijaya.com – Desa Gunung Liwat Kecamatan Pengandonan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Kab.OKU) melakukan Rembuk Stunting. yang di selenggarakan bertempat di Gedung Serbaguna Desa Gunung Liwat Kamis (01/09/2022).

Hadir dalam acara Rembuk Stunting tersebut, Kepala Desa Gunung Liwat Andinal Yusril, Camat Pengandonan Oktaria Rosalina.S.Ip.M.Si., Kepala UPTD Kecamatan Pengandonan Putri Yanti SKM., Kepala Dinas (Kadin) Pemberdayaan Pemberdayaan Dan Desa Kabupaten OKU yang diwakili, Tenaga Ahli (TA), Pendamping Desa (PD), Kecamatan Pengandonan, Ibu – ibu PKK Kabupaten OKU, Kecamatan, Ibu -ibu PKK Desa Gunung Liwat serta para undangan lainnya.

Kepala desa (Kades) Gunung Liwat Andinal Yusril dalam kata sambutannya menyampaikan,” terima kasih atas kedatangannya para narasumber, yang telah hadir di Desa kami, kami mengharapkan dalam materi yang kami dapatkan pada hari ini sangat berguna untuk menekankan angka Stunting,” kata Kades Gunung Liwat.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Kunker Panen Padi Perdana Berikan Bantuan Pembangunan Masjid Al-Ikhlas Desa Tangsi Lontar

Dan bagi Ibu – ibu serta bapak – bapak yang hadir di acara ini saya berharap agar menyimak apa yang sudah di sampaikan oleh Narasumber di Kegiatan Rembuk Stunting,” tegas Kades Gunung Liwat.

Sementara itu, Camat Pengandonan Oktaria Rosalina.S.Ip.M.Si., dalam kata sambutannya menyampaikan,” kami sebagai Kepemerintahan Kecamatan Pengandonan sangat mengapresiasikan kegiatan Rembuk Stunting ini,” ucap Camat Pengandonan.

Di tahun sebelumnya sebanyak 17 anak balita dulunya yang terkena Stunting dan di tahun ini kami sudah mendapatkan datanya sebanyak 5 orang anak balita lagi yang masih terkena Stunting, dalam hal itu marilah bersama – sama upaya pencegahan Stunting,” kata Camat Pengandonan.

“Alhamdulillah bahwa baru – baru ini Kabupaten OKU berhasil mendapatkan penghargaan juara 2 tingkat Nasional dalam pencegahan Stunting,” tambah Camat Pengandonan.

Baca Juga :  Agar Mengenal Hukum Di Lingkungan Sekolah Kejari OKU Lakukan Hal Ini

Bagi kepala Desa yang ada di Kecamatan Pengandonan, agar kiranya dapat tranfaran, dari mulai pendataan serta pelaksanaan melakukan suatu kegiatan di desanya masing – masing,

“Melalui Konvergensi Pencegahan Stunting dalam mewujudkan Sumberdaya Manusia yang Unggul menuju Indonesia Maju, marilah kita bersama – sama menekankan angka dari Stunting di desa kita,” terang Camat Pengandonan.

Kepala UPTD Kecamatan Pengandonan Putri Yanti SKM dalam giat Rembuk Stunting tersebut menyampaikan,” didesa Gunung Liwat ini sebelumnya ada 17 anak yang di katagorikan sebagai Stunting, dan di tahun ini ada 5 anak lagi yang masih terkena Stunting, harapan kita semua untuk kedepannya, kita bersama – sama mengharapkan, tidak ada lagi anak yang terkena Stunting, dengan adanya rembuk Stunting, inilah kita bisa mengupayakan pencegahan mengatasi Stunting di desa di Kecamatan Pengandonan ini,” ucap Kepala UPTD Kecamatan Pengandonan.

Baca Juga :  Polres OKU Tegaskan Ada Pelaku Kriminal Yang Merugikan Para Pemudik Kita Libas

Kami mengharapkan juga, untuk ibu – ibu, hamil agar dapat memeriksakan kandungan di Puskesmas, serta kepada bidan desanya mengupayakan memeriksaan dan segeralah melaporkan dari hasilnya bagaimana. Kita harus saling mengingatkan agar anak – anak balita kita sehat, bukan itu saja kita juga memperhatikan dari segi makanan serta kesehatan si ibu yang sedang hamil, hal itu sangatlah penting, bagi kesehatan sijanin.

“Hindari mengkonsumsi makanan yang berbahaya misalnya dari makanan yang mengandung bahan pengawet. Bagaimana kita bisa mencegah agar kiranya dapat mengatasi Stunting di Lingkungan kita sendiri dan saling sampai menyampaikan satu dengan yang lain,” tutup Kepala Desa Gunung Liwat.

Acara dilanjutkan dengan seksi tanya jawab, diskusi dengan berembuk Stunting serta photo bersama. (PS@di)

 

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.