Demi Memajukan Desa Diharapkan Terealisasi Di Tahun Ini Kecamatan Pengandonan Gelar MUSREMBANG

oleh -316 Dilihat

Baturaja, penasriwijaya.com – Pemerintah Kecamatan Pengandonan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Kab.OKU) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG), bertempat di Aula kantor Kecamatan Pengandonan Selasa (24/01/2023).

Musrenbang Tingkat Kecamatan Pengandonan Kabupaten OKU tersebut di buka oleh Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd., serta dihadiri juga Ketua DPRD OKU, Kadin Diknas, Bappelitbangda, Kadinkes, Kadin PUPR, Kadin PU Perkim, Kadin PMD, Kadin Pertanian, Kadin Perikanan dan Peternakan, Kadinsos, Kadisparbud, Kadisperindag, Kadin Koperasi dan UMKM, Kadin Ketahanan Pangan, Kadisnaker, Kadin PPPA, Kadispora, Kadin Kominfo.

Camat Pengandonan Oktaria Rosalina, S.IP., M.Si., menyampaikan bahwa peserta Musrenbang Kecamatan Pengandonan ini terdiri dari para Kepala Desa, FKBD serta delegasi Musrenbang di Kecamatan Pengandonan yang berjumlah 12 Desa, tentunya dalam hal ini Camat Pengandonan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Penjabat Bupati OKU beserta rombongan dan jajaran Pemerintahan Kabupaten OKU yang menyempatkan diri hadir pada Musrenbang Kecamatan Pengandonan ini.

Baca Juga :  Bupati OKU Hadiri Dan Buka Turnamen Futsal Dalam Peringati HUT OKU Ke-109 HUT BPR Ke-2

Musrenbang ini akan merangkum semua yang dibutuhkan dari Usulan – usulan yang telah dibuat pada Musyawarah Perencanaan Tingkat Desa (Musrenbangdes) yang telah dilaksanakan oleh setiap Desa sebelumnya di Kecamatan Pengandonan ini dan pada Musrenbang hari ini juga usulan – usulan yang telah di buat akan diterangkan dan diharapkan usulan yang telah di sampaikan melalui Musrenbang ini tersebut dapat terealisasi di tahun ini demi memajukan Desa – desa yang ada di Kecamatan Pengandonan,” terang Camat Pengandonan.

Penjabat Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd., menyampaikan Musrenbang Kecamatan ini merupakan tahapan lanjutan dari Musrenbang tingkat Desa (Musrenbangdes) yang telah diinput di SIPD Kementerian Dalam Negeri.

Hasil kesepakatan Musrenbang   Kecamatan ini dituangkan dalam berita acara yang akan disampaikan kepada Bappelitbangda sebagai bahan penyusunan rencana Daerah dan Dinas/Instansi terkait sebagai bahan penyusunan rancangan Renja perangkat daerah yang akan dibahas pada forum perangkat daerah.

Baca Juga :  Bupati OKU Rama Tama Bersama Bujang Gadis OKU

Keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan juga terukur. Sehingga pada hari ini, kita melaksanakan Musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

“Adapun perencanaan yang berasal dari Masyarakat ini adalah perencanaan yang murni dari Masyarakat ke Pemerintah seperti halnya pada Musrenbang saat ini, sehingga hal inilah yang terus didorong oleh Pemerintah agar apa yang diharapkan oleh masyarakat bisa di implementasikan/diwujudkan oleh Pemerintah dan diharapkan perencanaan ini dapat sesuai dengan keadaan di Desa, dan dapat meningkatkan, serta mengembangkan potensi yang ada di Desa tersebut.

Adapun kemampuan daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan saat ini masih terbatas, untuk itu perlu pemahaman semua pihak mengenai keterbatasan tersebut, bahwa tidak semua program akan dapat diakomodir/direalisasikan dari usulan yang telah dibuat namun haruslah disusun prioritas dari daftar panjang program-program yang ada.

Baca Juga :  Pemkab.OKU Dan 38 Daerah Menghadiri Dan Menandatangani MPP

Pembangunan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, meskipun dominannya berada pada pemerintah. Namun juga menjadi keterlibatan dan partisipasi dari semua pihak, yang mana sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator pembangunan itu sendiri, sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terlaksana,” ucapnya.

Penjabat Bupati OKU juga menyampaikan bagi Desa – desa yang masih ada yang belum di sampaikan sebagai rencana prioritas pembangunan di Tahun 2024 nanti, maka di persilahkan untuk di masukkan dan disampaikan pada saat ini, sehingga menjadi usulan yang terakomodir di dalam SIPD,”pungkas Bupati OKU.

Acara di lanjutkan dengan penyerahan Bantuan kepada anak – anak sekolah yang ada di Kecamatan Pengandonan dan juga Pemberian Seragam kepada ketua BKMT Kecamatan Pengandonan oleh Penjabat Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah.(PS@di)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.