oleh

Tim Satgas Covid-19 Pemkab OKU Berikan Sosialisasi Dan Pemahaman Di Masyarakat

OKU, Penasriwijaya.com – Pusat Layanan Informasi Satuan Gugus Tugas (Satgas) Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar konferensi Pers dalam percepatan penanganan Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) yang diselenggarakan tepatnya di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Baturaja Kamis, (9/4/2020).

Konferensi Pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tersebut, di pimpin langsung oleh Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekertaris Daerah (Setda) OKU, Feri Iswan, AP., M.PA.

Press Release yang disampaikan dalam setiap harinya pada Jam 10:00 WIB pagi terkait update data situasi perkembangan Covid-19 dan kegiatan yang dilaksanakan tim satgas Covid-19 Kabupaten OKU.

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten OKU, melalui Juru bicara Satgas Covid-19 Rozali, SKM., memaparkan tentang situasi perkembangan Covid-19 per tanggal 8 April sampai dengan 9 April jam 10:00 WIB antara lain :
ODP yang terdata oleh pihak kesehatan yakni 90 orang, Orang Proses Pemantauan 55 Orang, Selesai Dipantau 30 Orang, PDP 3 Orang, Konfirmasi positif pasien Covid-19 sebanyak 3 orang”, kata Rozali.

Dalam hal itu, Juru bicara Satgas meminta kepada masyarakat jangan panik dan tetap tenang namun selalu waspada. Selalu menjaga kesehatan diri dan membersihkan lingkungan.

Tim Satgas Covid-19 memberikan sosialisasi dan pemahaman masyarakat untuk mematuhi anjuran dan himbauan yang disarankan oleh pemerintah dengan menyajikan informasi yang benar dan valid.

Adapun langkah – langkah yang telah dilaksanakan : Yang pertama pihak Satgas telah melaksanakan pemberitahuan berupa surat kepada OPD dan Perusahaan – perusahaan BUMN/BUMD, pusat perbelanjaan dan lain – lainya yang ada di Kabupaten OKU terkait penanganan Covid-19. Tim Satgas telah membuat 3 Posko terpadu dan 1 Posko Induk Covid-19 di Kabupaten OKU. Adapun Posko Induk bertempat di halaman kantor Bupati Kabupaten OKU.

Pemerintah Kabupaten OKU telah menyiapkan rumah singgah untuk ODP yang rencananya akan ditempatkan di kantor Bandiklat Tegal Arum.

Koordinasi terus dilaksanakan dengan pihak rumah sakit, Puskesmas terkait Update data Covid-19.Satgas Covid-19 Kabupaten.l OKU terus melakukan contact tracking untuk mencari sumber penularan bagi pasien yang telah Positif terjangkit Covid-19″, terangnya.

Juru Bicara Satgas Rozali juga mengharapkan kerjasama dan sinergi dengan instansi terkait dalam hal penanggulangan virus asal China yang kini sudah menjadi pandemi global tersebut, terus terjalin dan ditingkatkan sehingga penyebarannya bisa ditekan atau dicegah di Kabupaten OKU”, imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadin) Kominfo Priyatno Damadi, S.Sos., M.Si., dalam hal itu menyampaikan “kita harus memahami protokol kesehatan oleh karena itu mekanisme penyampaian Informasi terkait Covid-19 dilaksanakan dengan cara berikut :
1.Untuk pelaksanaan press release terkait update data situasi perkembangan Covid-19 di Kabupaten OKU melalui Video juru bicara yang akan di sebarkan melalui grup WhatsApp, 2. Dalam Bentuk Surat Resmi
3. Dalam bentuk tabulasi data yang akan dipublikasikan.

Dirinya, berharap kerja sama bisa berlanjut, untuk keselamatan bersama dan harapan Covid-19 segera terlokalisir dan tidak menjadi wabah yang meluas khususnya di wilayah kabupaten OKU. Sehingga masyarakat bisa lebih cepat lagi berusaha untuk menggeliatkan ekonomi.

Hadir pada acara ini, Tim Humas Satgas Covid-19, Wartawan Media dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) OKU.

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed