oleh

Sekda OKU Membuka FGD, BPS OKU

OKU, Penasriwijaya.com – Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs H Kuryana Azis diwakili Sekertaris daerah (Sekda) OKU, Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi, SE., MT., MSi., MH., membuka Focus Group Discussion (FGD) BPS OKU bertempat di ruang rapat Abdi Praja Pemkab OKU, Senin (21/10/2019).

Kegiatan FGD ini sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MOU antara Bupati OKU dan Kepala BPS OKU tentang pengembangan data dan informasi pembangunan tahun 2019.

Kepala BPS OKU, Ir. Budiriyanto, MAP., mengatakan “untuk meningkatkan data statistik sektoral, maka perlu dilaksanakan FGD ini, melibatkan seluruh OPD dan instansi vertikal di Kab.OKU.”Tujuannya adalah untuk menyediakan informasi bagi pemerintah pusat dan daerah sebagai bahan perencanaan, evaluasi dan pengambil keputusan,” katanya.

“Selain membahas OKU Dalam Angka, dilakukan juga sosialisasi Perpres No.39 tahun 2018 tentang satu data Indonesia, sensus penduduk 2020, dan penyampaikan data indikator sosial dan ekonomi Kab OKU.

Dalam hal itu juga, Sekda OKU Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi, SE., MT., MSi., MH., menyampaikan “sesuai amanah Undang-undang No.16 tahun 1997 tentang statistik, serta PP No. 51 tahun 1999 tentang penyelanggaraan statistik, maka Badan Pusat Stastik (BPS) merencanakan kegiatan statistik dasar, sektoral, dan khusus.Data statistik yang dijadikan untuk diformulasikan dalam merencanakan pembangunan, baik nasional, sektoral, maupun regional untuk kesejahteraan rakyat.

Pada tahun 2018 yang lalu telah dilaksanakan MOU antara Pemkab OKU dan BPS OKU yang difasilitasi Kominfo sebagai leading sector. Berdasarkan Perpres No. 51 tahun 1999 setiap instansi pemerintah wajib menyelenggarakan statistik sektoral”, terang Sekda.

“Sekda OKU juga minta untuk seluruh OPD diharapkan membuat laporan kegiatan secara berkala mulai dari bulanan, triwulan, dan tahunan. Melalui FGD ini diharapkan seluruh data sektoral dapat disajikan secara lengkap, konsisten, dan akurat.

Untuk Kepala OPD, Camat, kepala desa dan lurah serta seluruh elemen masyarakat agar kiranya dapat mendukung kegiatan sensus penduduk tahun 2020 yang akan datang.
Pelaksanaan forum ini sangat penting sebagai modal awal dalam menyusun perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah”, pungkasnya.

Acara ini dihadiri Kepala Kejari OKU Bayu Pramesti SH, diwakili oleh Kasi Intelijen Kejari OKU Abu Nawas SH, Ketua DPRD OKU, Forkopimda OKU, OPD, Kabag, Camat, dan peserta lainnya.(SP@di)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed