oleh

Program Serasi Desa Telang Sari Telah Terealisasikan.

Banyuasin, Penasriwijaya.com – Desa Telang Sari Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) adalah salah satu dari sekian banyak desa penerima program kementerian pertanian “Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani dengan luas areal sawah 400 hetar Dan terdiri dari 17 Kelompok Tani. Selasa 21/1/2020).

Karena adanya kerja sama antara pemerintah Desa dan Gapoktan UPKK serta keterlibatan langsung petani dan kelompok tani dalam pelaksanaan program Serasi. Kepala Desa Telang Sari, Eli Samsudin saat di kunjungi di kediaman nya dia memaparkan dengan awak media tentang berjalan nya program serasi di desa nya.

Dengan ada berjalannya program Serasi di desa Telang Sari berkat keterlibatan unsur masyarakat baik petani maupun kelompok tani sehingga seluruh potensi pembangunan maupun rehab sarana tersier dilakukan secara transparan baikpun dari anggaran maupun pekerjaannya.

,”Harapan kedepannya dengan adanya program ini selesai dan bisa merawat serta memelihara pembangunan yang telah dibuat sehingga akan awet dan bisa bertahan lama ,” tutur orang nomor satu di desa Telang Sari.

Dengan di adakan nya Program serasi ini masyarakat Telang Sari mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pertanian serta pemerintah Banyuasin yang telah membantu masyarakat khususnya Desa Telang Sari melalui program SERASI terlebih dengan adanya modernisasi alat pertanian dan meningkatkan hasil pertanian dan menghemat biaya penggarapan lahan padi dan pembagian benih berlabel.

Semuanya meningkatkan kesejahteraan petani serta produkvitas manfaat lainnya, petani dapat mengolah lahannya kembali setelah panen selesai. Hingga sampai 3 kali panen dalam satu tahun.

Saat di Kompirmasi, Pak Sutaji selaku ketua UPKK Desa Telang Sari kecamatan Tanjung Lago, Kab. Banyuasin memaparkan kepada awak media ia berterimakasih kepada Kementerian Pertanian, Gubernur Sumsel dan beserta jajarannya, khususnya pemerintah Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin dalam program SERASI seperti yang kita dilihat berjalan dengan baik dan sangat bermanfaat bagi petani didesa Telang Sari.

Kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Telang Sari Eli Samsudin beserta perangkat yang telah bersusah payah untuk memajukan kesejahteraan kami warga masyarakat Desa Telang Sari. Kami sangat merasakan manfaat dari program SERASI. Dari bulan Maret hasil panen padi kami meningkat hingga 90%. Masyarakat kami mayoritas tani dan akan masuk masa panen lagi,”Papar nya.

,”Tambahnya warga desa Telang Sari, Kasbari, Murti, Sudamin kepada awak media. “dari pembangunan saluran pintu air dan jembatan sekarang sudah kita perbaiki dan tidak ada kendala apapun. Meskipun ada kendala kami bersatu untuk meningkatkan dan memperbaiki yang lebih baik. Karena kami butuh kebersamaan dan bersatu demi meningkatkan kemajuan kesejahteraan petani apalagi di dukung program pemerintah SERASI.” Bebernya.

Beberapa dinas intansi dari kabupaten dan provinsi telah meninjau dan menilai langsung kegiatan pembangunan melalui program SERASI dan semua berjalan dengan baik sesuai harapan. Sesuai peraturan yang ada, kami akan terus meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan petani melalui program serasi, kami bisa menghasilkan pertanian padi lebih baik dari pada tahun kemarin. Bahkan didesa Telang Sari sedang dibangun pabrik padi (grandul). Satu satunya dibangun di desa Telang Sari oleh pengusaha asli putera Sumatera Selatan,” ucap Kasbari warga Desa Telang Sari .

Program Serasi ini Banyak manfaat yang kami rasakan salah satunya mampu mengelola program SERASI sesuai peraturan juknis dari pemerintah. Memang ada yang longsor akibat hujan deras dan tidak tertampung aliran air masuk melalui pintu air. Setelah air di pintu air surut, kami gotong royong memperbaiki sesuai harapan para petani. Seluruh proyek bangunan yang menggunakan dana SERASI semuanya harus kokoh, kuat dan bertahan lama agar dapat dimanfaatkan secara optimal,”ucap Kasman Dan warti.

Sekali lagi saya merasa senang dan terbantu ada nya Program Serasi ini Sesuai harapan dan cita cita orang Nomor satu di Desa Telang Sari bisa meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran warga desa Telang Sari.,” tutupnya. (Sadiman)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed