oleh

Pemkab OKU Gelar Rapat Antisipasi Dampak kekeringan Daerah

OKU, Penasriwijaya.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Pemkab OKU) menggelar rapat Antisipasi dampak kekeringan daerah

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis dan dihadiri oleh dinas instansi terkait dan unsur Muspida Kab OKU. bertempat di ruang rapat Bina Praja.Selasa (27/08/2019).

“Seperti kita ketahui bahwa dampak dari musim kemarau yang terjadi di setiap tahunnya menimbulkan kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan. Ini terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kab OKU. Kekeringan di Kab OKU sendiri hampir separuh wilayah yang terdampak kekeringan seperti berada di kecamatan Lubuk Batang, semidang Aji, sosoh Buay Rayap, Ulu Ogan dan Pengandonan”, kata Bupati OKU.

Dalam rapat tersebut Bupati OKU membahas sampai sejauh mana dampak dari kekeringan tersebut dan apa saja upaya dan langkah yang dilakukan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dari data kejadian bencana kebakaran hutan dan lahan di Kab OKU diantaranya, kebakaran lahan hutan, cangkang sawit, kebun kayu medan dan kebun karet dan semua ini sudah bisa diatasi”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati minta seluruh instansi terkait dan satgas yang sudah dibentuk agar bekerja dengan sungguh-sungguh dan saling bersinergi agar kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan tidak meluas sampai kemana-mana. Disamping itu juga dalam mengatasi kekeringan ini dinas pertanian diharapkan agar membuat embung, irigasi, sumur bor, pompa air supaya areal persawahan bisa mendapatkan ketersediaan air yang cukup, karena dampaknya sudah terjadi di sektor pertanian dan perkebunan.

Dan yang tak kalah pentingnya setiap kejadian karhutla mohon data yang disampaikan dengan lengkap sehingga dapat diterima dengan baik dan akurat. (SP@di)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed