oleh

Danrem 044/Gapo Pimpin Rapat Evaluasi Program Serasi Di Wilayah Sumsel

Palembang, Penasriwijaya.com -Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono memimpin rapat evaluasi pelaksanaan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) tahun 2019 di wilayah Sumsel yang dihadiri langsung oleh Tim pendampingan dari Mabesad Kolonel Inf Boni Pardede, S.E. dan Kolonel Inf Heldi Wira, S.E. bertempat di ruang Yudha Makorem 044/Gapo Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5. Rabu (31/7/2019).

Program Serasi yang berada di Provinsi Sumatera Selatan dapat berdampak pada peningkatan indeks pertanian dan produktivitas serta peningkatan pendapatan petani. Melalui optimasi lahan rawa yang dilaksanakan melalui kegitan tata kelola irigasi pemanfaatan alat dan mesin pertanian, serta penguatan kelembagaan petani dan adanya pengawalan dan pendampingan secara intensif dari instansi pusat, Provinsi, Kabupaten dengan TNI AD diharapkan berpengaruh nyata terhadap akselerasi dan hasil kegiatan dilapangan.

Jadi lahan rawa yang selama ini dimanfaatkan untuk pertanian saat musim kemarau saja, dengan adanya program Serasi dapat digunakan baik di musim penghujan maupun kemarau, terutama daerah pasang surut. Dengan cara dibuatkan saluran-saluran air dan mesin pompa. Tehnik kerjanya saat musim hujan air dipompa dibuang ke sungai melalui saluran air buatan agar lahan bisa ditanami, sedangkan dimusim kemarau waktu air pasang, pintu air dibuka untuk mengairi lahan, saat surut pintu air ditutup agar air tidak kembali ke sungai.

Selanjutnya tim pendampingan Serasi dari Mabesad akan meninjau langsung ke lokasi pelaksanaan Serasi di wilayah Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin.

Dalam rapat evaluasi Serasi tersebut juga dihadiri oleh Plh. Kasrem beserta para Perwira Staf Korem 044/Gapo, para Dandim dan para Danramil jajaran Korem 044/Gapo yang wilayahnya terdapat program Serasi. (NP)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed