oleh

Dandim 0430 Banyuasin : Jangan Ada Lahan Yang Terbakar

Banyuasin, Penasriwijaya.com – Melihat beberapa hari ini banyaknya lahan yang terbakar dikarenakan akibat musim kemarau berkepanjangan sehingga menyebabkan sejumlah lahan terbakar dan mengakibatkan udara sangat membahayakan bagi pernafasan masyarakat terlebih pada anak-anak.

Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran merasa prihatin akan kesehatan masyarakatnya terutama anak kecil, maka pada hari ini jumat 13 september 2019 Dandim 0430/Banyuasin merasa perlu memanggil para Danramil di jajarannya untuk melaksanakan Rapat dan Koordinasi tentang bagaimana melaksanakan pencegahan bencana alam kebakaran hutan dan lahan didaerahnya serta bagaimana memperkecil terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Ia memerintahkan kepada para Danramilnya untuk bersama sama bahu membahu dengan masyarakat dan komponen lainnya seperti Manggala Agni, BPBD, Aparat TNI Polri serta masyarakat peduli api untuk melakukan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, baik yang disengaja maupun tidak di sengaja.

“Saya menghimbau kepada masyarakat bahwa pencegahan dan penanganan Karhutla bukan hanya tugas dan tanggung jawab TNI, Polri, Manggala Agni maupun BPBD semata melainkan nerupakan tugas kita semua, masyarakat dan pihak perusahaan yang ada di sekitar lahan perkebunan juga bertanggung jawab atas kelestarian Ekosistem dan wajib menjaga Lahan perkebunannya dari Bahaya Kebakaran,” ucap Dandim.

Lanjut Dandim ia, berharap pihak perusahaan memiliki alat, sarana dan prasarana pemadaman kebakaran dan peduli serta aktif terhadap bahaya kebakaran yang sangat rentan terjadi di musim panas ini.

Dandim 0430/Banyuasin, optimis dan sangat yakin bahwa jika para Danramil dan Babinsa nya mengajak seluruh Kepala Desa serta masyarakatnya, secara bersama-sama untuk bertanggungjawab menyamakan pandangan. Bahwa jangan ada kebakaran di tempat atau di desa saya, maka kebakaran sekecil apapun akan cepat teratasi dan langsung padam serta tidak membesar.

“Jika Seluruh Kepala Desa dan warganya berprinsip dan memiliki pandangan. Jangan ada lahan yang terbakar di tempatku, maka saya yakin kebakaran, baik karena ulah manusia maupun tidak, dapat teratasi dengan cepat dan tidak berkembang menjadi lebih besar” tegas Dandim. (NP)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed