oleh

Dandim 0403 OKU Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

Baturaja, Penasriwijaya.com – Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo S.Sos, Selasa (19/11/2019) pagi, membuka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Makodim 0403/OKU. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka pembinaan teritorial (Binter) Kodim OKU tahun 2019.Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta dari pelajar SMA, mahasiswa, Karang Taruna, Pepabri OKU, anggota Polri, serta anggota TNI. sosialisasi ini juga dihadiri seluruh perwira Kodim 0403/OKU.

Dandim 0403/OKU Letkol Agung Widodo mengungkapkan, sosialisasi wawasan kebangsaan digelar dalam rangka binter secara terpadu agar para pelajar dan mahasiswa tetap mencintai nilai-nilai kebangsaan di era digital saat ini.Menurut Agung, kemajuan zaman yang serba canggih ditambah dengan mudahnya masyarakat mendapat informasi melalui perangkat elektronik dapat mempengaruhi sikap dan prilaku ke arah yang tidak baik, bahkan dapat mengikis nilai-nilai luhur kebangsaan.“ Semoga wasbang ini menjadi salah satu upaya dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari. Serta dapat menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa indonesia, serta rasa persatuan dan kesatuan,” ujar Agung.

Agung mengajak siswa untuk menjadi yang terbaik bagi diri, keluarga, lingkungan, bangsa dan negara. Menurutnya, sebagai kader bela negara yang baik dan berkepribadian luhur, hendaknya mampu membaca setiap perubahan dan perkembangan jaman.“Kita harus bijak dalam mensikapi segala sesuatu terkait perkembangan informasi tekhnologi yang semakin pesat. Manfaatkan tekhnologi tersebut untuk kebaikan, namun jangan melupakan jati diri sebagai bangsa yang senantiasa menjunjung tinggi rasa cinta tanah air,” kata Agung.

Sementara itu, ada tiga narasumber dalam sosialisasi ini. ,Pertama Kepala Kesbangpol OKU dengan materi Pancasila dan UUD 1945, kemudian materi Bhineka Tunggal Ika dan NKRI yang disampaikan Kasi Intel Kejari OKU Abu Nawas SH, dan Materi Bahaya penyalhgunaan Narkoba yang disampaikan AKP Widhi Andika Darma SH, S.IK (Kasat Resnarkoba Polres OKU).Agung berharap kepada siswa usai pembekalan ini, siswa menjadi lebih baik, lebih bersemangat, lebih terarah dan memiliki jiwa nasionalisme yang kuat. “Semoga wawasan kebangsaan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme, cinta tanah air dan menjaga martabat bangsa,” pungkas Agung. (NP)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed