oleh

Bupati OKU Resmikan Launching Durian Unggul Lokal “Semenguk Sakti” Dan Serah Terima

OKU Penasriwijaya – Guna upaya Meningkatkan serta mengembangkan usaha tani Khususnya di Kabupaten berjuluk sebutan Sebimbing Sekundang.

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu OKU melalui Dinas Pertanian mengadakan Launching Durian Unggul Lokal “Semenguk Sakti”yang berasal dari desa Tanjungan Kecamatan Pengandonan, serta Serah Terima Taman Tekhnologi Pertanian (TTP).dan berikan bibit Durian Semenguk Sakti,dan kaligus Penyerahan Bantuan Kendaraan/Alat Pertanian ke kelompok Tani juga bagikan baju goes sepeda santai Senin (7/01/2018) yang bertempat di Taman Teknologi Pertanian Desa Raksa Jiwa Kecamatan Semindang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Acara Launching Durian Unggul Lokal “Semenguk Sakti” dan serah terima itu, dihadiri oleh Bupati OKU Drs H Kuryana Azis Kepala Dinas Pertanian Kab.OKU Jon Saihu SP,Msi, Kepala Balai Besar Pengkajian Pengembangan Teknologi Pertanian Kementerian Republik indonesia, Dr.Ir Heri Saifuddin BA, Kepala Kejaksaan Negeri OKU,Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari melalui Kapolsek Semindang Aji IPDA A Bastari, Dandem 0403/OKU Letkol Inf Agung Widodo,Sos, kepala Kejaksaan Negeri OKU Bayu Pramesti SH,kepala Dinas dilingkungan Kab.OKU, para Camat dari 13 Kecamatan,Ibu-ibu PKK dan Undangan lainnya.

Dalam kata sambutan sekaligus laporannya,Kepala Dinas Pertanian Jon Saihu SP.Msi Mengatakan,” di ketahui bahwasanya durian Semenguk sakti ini pernah di lombahkan di kontes buah tingkat Nasional pada tahun 2010 yang lalu, dan berhasil memenangkan juara Dua,”Kata Kepala Dinas Pertanian.

Memang banyak kelebihan dari buah durian Semenguk sakti ini, dengan cita rasanya menyebabkan bisa berhasil menyabet juara kedua pada waktu itu,dan oleh karna itu Bapak Bupati OKU menginstruksikan kepada kami untuk mengembangkan durian Semenguk sakti, dan baru terlaksana di tahun 2018 lalu,di karnakan keterbatasan anggaran kami cuma menghasilkan sebanyak 500 batang bibitnya dengan melalui sistem sambungan dan Alhamdulillah BPTP Provinsi Sumatera Selatan
mengapresiasi usaha yang kita lakukan sehingga mereka pun ikut mengembangkan durian semenguk Sakti ini,”Jelas Kepala Dinas Pertanian Kab OKU.

Sebanyak 500 batang juga melalui dana BPTP, tetapi tidak seluruhnya di kembalikan ke kita hanya 250 batang, dari 250 batang itu di kelola lebih lanjut,sedangkan 270 batang sudah kita bagikan ke kelompok tani dan akan tersebar di Kab.OKU.serta sebanyak 150 batang kita sumbangkan ke Kebun raya Universitas Sriwijaya (Unsri), dan diterima langsung kepada kepala Sektornya,disaat beliau berkunjung ke Kab.OKU,”imbuhnya.

Lanjut, kemudian atas petunjuk Bapak Bupati OKU juga pada hari ini Durian Semangkuk sakti pun tersebar ke 13 Kecamatan dan dari 1(Satu) kecamatan akan kita berikan sebanyak 5 batang bibit durian semenguk sakti tersebut.guna mengembangkan di kecamatannya masing-masing Insyaallah di tahun 2019 nya nanti seluruh desa/kelurahan di Kab OKU mendapatkan Alokasi bantuan bibit durian semenguk sakti.

Selain itu di Taman Teknologi Pertanian Desa Raksa Jiwa ini juga kita memperkenalkan proses pembuatan Kopi dengan cita rasa yang nikmat dengan berbagai macam warna dari warna hitam coklat sampai coklat muda kemerah-merahan,”Ungkapnya.

Sementara Bupati OKU Drs H Kuryana Azis,sangat mengapresiasi pengembangan jenis Durian ini, Durian itu merupakan salah satu cita rasa khas dari Kab OKU.dan kelebihannya soal cita rasa serta aromanya.

pBupati OKU juga meminta bibit durian ini disebar luaskan di seluruh OKU dan dijaga keberadaanya dan berharap durian ini bisa membantu meningkatkan hasil petani Khususnya di Kab.OKU ini.

,”Kan sudah menang artinya punya kelebihan, nanti orang bertanya dimana batangnya,  kalau tidak ada” Kan jadi malu kita. Makanya saya meminta untuk dikembangkan serta  dilestarikan dengan disebar di seluruh OKU,”Pungkasnya.

Dan acara dilanjutkan dengan penanaman Bibit Durian Semenguk Sakti (Adi).

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed