oleh

Bupati OKU : Kec.Sosoh Buay Rayap Dapat Menjadi Sentra Produksi Bawang Merah

OKU, Penasriwijaya.com – Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Drs.H.Kuryana Azis menghadiri dan melakukan panen perdana bawang merah yang sedang dikembangkan para penyuluh pertanian di desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap pada Senin (11/11/2019).

Panen perdana bawang merah itu dilakukan sekitar pukul 11.30 WIB., di kebun percontohan Kelompok Tani Makmur Desa Tungku Jaya dan Tunas Harapan Desa Lubuk Leban Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Panen perdana bawang merah itu dilakukan di atas lahan seluas 2,5 Hektar di Tungku Jaya dan 2,5 Hektar di Lubuk Leban. Meski lahan itu tak seberapa luasnya, namun bawang yang dipanen mencapai 9Ton/Ha, dari benih bawang yang ditanam Kelompok tani Makmur di desa tungku jaya dan 6Ton/Ha di Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Lubuk Leban.

Dalam hal itu, Bupati OKU Drs.H. Kuryana Azis sangat mengapresiasi kelompok tani Makmur dengan ketua Poktan Tejo Winarno dan kelompok tani Tunas Harapan dengan ketua Poktan Erzan Hendri,

Disebutkan Bupati OKU bahwa bawang merah merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang baru dikembangkan beberapa tahun terakhir di Kabupaten OKU.Lantaran baru dikembangkan, maka pihak dinas pertanian bekerjasama dengan kelompok tani menjadikan sedikit lahan sebagai demplot untuk tanaman tersebut, hasil yang diperoleh cukup menggembirakan. Kendati lahan untuk ujicoba budidaya bawang merah itu tak terlalu luas namun hasil yang diperoleh cukup banyak. Hanya dengan luas 2,5 Hektar tapi bawang yang dipanen bisa mencapai 9 Ton/Ha dan 6 Ton/Ha.

Itu artinya, desa Tungku Jaya dan Lubuk Leban sangat potensial bagi budidaya tanaman umur pendek ini”, ucap Bupati OKU.

“Bupati berharap Kecamatan Sosoh Buay Rayap dapat menjadi sentra produksi bawang merah.Bupati optimis apa yang sedang dilakukan ini bisa mencapai hasil maksimal”, harap Bupati OKU.

“Untuk itu Bupati juga meminta kepada dinas pertanian terus melakukan pembinaan secara rutin kepada kelompok tani yang akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan petani”, pungkasnya. (SP@di)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed