oleh

Bupati OKU, Drs.H.Kuryana Azis, Lantik Kades Di Hari Ketiga Periode 2020 – 2026

OKU, Penasriwijaya.com – Bupati Ogan Komering Ulu ( OKU ) Drs. H. Kuryana Azis secara resmi melantik kepala desa ( Kades ) terpilih Periode 2020 – 2026 yang digelar di pendopo rumah dinas Bupati OKU Rabu, ( 22/04/2020 ).

Dalam pelantikan tersebut diawali pembacaan sumpah jabatan oleh Bupati OKU Drs.H. Kuryana Azis dilanjutkan dengan penandatangan surat keputusan (SK) serta penyematan tanda jabatan.

Pelantikan kades di siang hari ini adalah hari ketiga yang diikuti dari Kecamatan Muara Jaya dan Kecamatan Ulu Ogan meliputi 8 kepala desa antara lain Kades Karang lantang, Gunung Tiga, Mendingin, Ulak Lebar, Pedataran, dan Sukajadi.

Bupati OKU, Drs.H.Kuryana Azis dalam kata sambutannya mengatakan “kepala desa adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Oleh karena itu, Kades dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodir kepentingan masyarakat. Karena itu pula, peran dari kades berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan otonomi daerah,” kata Bupati OKU.

“Tugas yang cukup berat diemban oleh kades mestinya dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan otonomi desa tersebut dalam usaha mencapai kesejahteraan masyarakat.

Selain itu juga, kepala desa juga merupakan administrator pemerintahan, administrator kemasyarakatan dan administrator pembangunan yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan, menggerakkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut aktif dalam kegiatan pembangunan desa.

Kepada Kepala desa yang baru dilantik untuk bekerja sungguh – sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya serta sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Sebagai unsur pemerintah hendaknya selalu bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan kemasyarakatan di tingkat desa.

“Kepala Desa harus dapat menjalankan seluruh prosedur dan mekanisme pengelolaan keuangan desa agar lebih efektif, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan secara baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku”, terang Bupati OKU.

Bupati juga berharap Kepala Desa yang terpilih dapat bekerja dan laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing. serta tingkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat, sejak hari ini hingga enam tahun ke depan,” harap Bupati OKU.

Setiap pelaksanaan pembangunan desa agar dilaksanakan musyawarah terlebih dahulu agar mendengar aspirasi dari masyarakat dengan tidak melupakan nilai integritas dan moralitas. Karena, integritas dan moralitas sangat penting untuk menjamin tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa”, pungkas Bupati OKU.

Hadir dalam acara tersebut
Kadin PMD, Muspika, kades yang dilantik dan Pjs kades dan lainnya. ( SP@di )

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed