oleh

Bupati Banyuasin Pimpin Upacara peringatan hari Pramuka Ke-58 Dan Pembukaan Acara Resmi Jambore IV

Palembang, Penasriwijaya.com – Bupati Banyuasin H. Askolani Jasi, SH.,MH, mempimpin Upacara peringatan hari Pramuka Ke-58 bertempat di Lapangan Kantor Bupati Pemerintah Kabupaten Banyuasin Kec. Banyuasin III Kab. Banyuasin Provinsi. Sumsel. Rabu (21/8/2019).

Upacara dengan Tema “Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI ” dan Sekaligus pembukaan jambore cabang IV gerakan pramuka kwartir cabang kabupaten banyuasin tahun 2019
Bupati Banyuasin H. Askolani Jasi, SH.,MH selalu pembina Upacara dan selaku Perwira Upacara Sdr.Endri Yani, SP Kemudian Komandan Upacara Putri Sandra Kyrana

Hadir dalam giat tersebut, H. Mukti Sulaiman (Ketua Kuwartir daerah Sumatra Selatan), Heriyadi HM Yusuf, SP (Wakil Ketua I DPRD Banyuasin , Drs. H. M. Yusuf, M.si (Sekertaris Daerah Banyuasin), Letkol Inf Erwan. S (Danyon Raider 200/BN), AKBP Danny H Ardiantara B. Sianipar, SIK (Kapolres Banyuasin), Kapten Inf Sumantri (Mewakili Dandim 0430 , Kapten Inf Zulkadri (Danramil 430-01 pangakalan balai) diikuti oleh Pramuka Siswa-siswi SD, SMP dan SMA Se-Kabupaten Banyuasin yang berjumlah lebih kurang 1000 orang.

Adapun dalam rangkaian upacara Hari Pramuka ke 58 ini diantaranya.” Menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia raya. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara, Pembacaan Teks Pancasila oleh pembina upacara diikuti oleh seluruh peserta upacara serta Pengucapan UUD Negara Indonesia tahun 1945, Dasar Darma dan Dwi Darma Pramuka.

Kemudian dilanjutkan dengan Pemberian tanda penghargaan gerakan Pramuka berupa lencana Pancawarsa 10 Orang penyematan tanda aparat keamanan dan tanda peserta jambore cabang IV Banyuasin 9 orang.

Dalam pembacaan adapun amanat pembina upacara H. Askolani Jasi, SH., MH (Bupati Banyuasin) Sekaligus Membuka secara resmi jambore IV Banyuasin tahun 2019 pada intinya,”Hari Pramuka ke 58 kali ini mengusung tema: bersama segenap komponen bangsa gerakan Pramuka siap sedia membangun keutuhan NKRI.

Dalam rangka Hari Pramuka agar kiranya kakak dan adik adik dapat diperhatikan. “Merebaknya korupsi kolusi dan nepotisme terpaparnya radikalisme dan terorisme serta maraknya penyalahgunaan narkoba merupakan 3 kejahatan yang menjadi tahanan besar bangsa Indonesia saat ini.

Globalisasi selain mempunyai aspek positif tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif dengan globalisasi dunia seakan Tanpa Batas begitu pula lalu lintas orang dan barang dapat berpindah dengan mudah.

Kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaian kita semua akan pentingnya memikirkan warisan yang akan diberikan kepada generasi penerus pada masa mendatang kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungannya sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana seperti banjir longsor kebakaran hutan dan lahan.

Keperhatinan tentang belum standarnya seragam pramuka baik warna dasi atribut dan tata cara penggunaannya menunjukkan kekurangan perhatian selama ini tentang kesadaran arti penting persatuan dan kesatuan.

Kegiatan gerakan pramuka merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional sehingga penyelarasan nya dengan jenjang pendidikan formal dan pendidikan non formal lainnya menjadi sangat penting.

Pramuka adalah wadah tunggal dan karenanya kita semua bersatu di dalam gerakan Pramuka siap sedia membangun keutuhan NKRI di mana anggota pramuka harus menepati janjinya Trisatya dan dasar darma”, tuturnya.

Setelah Amanat Pembina Upacara dilanjutkan dengan Pengibaran bendera Jambore cabang IV Banyuasin tahun 2019 dan acara pun berakhir, Para FKPD dan Tamu Undangan Lainnya kunjungan ke lokasi Perkemahan Jambore IV cabang IV gerakan pramuka kwartir cabang kabupaten banyuasin tahun 2019. (Sadiman)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed