oleh

Polres OKU Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019 Tuk Antisipasi Potensi Gangguan 

OKU,Penasriwijaya.com – Jelang Pemilu di tahun 2019.Untuk menciptakan kondisi aman dan tetap kondusif, Polres Ogan Komering Ulu OKU.dan tim gabungan Kab.OKU gelar Simulasi Latihan Sispam Kota.

Simulasi pengamanan digelar di Terminal Tipe A Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu,Jumat (22/32019).
Pantauan dilapangan terlihat pada saat melakukan latihan yang mengikuti Simulasi tersebut, menunjukkan aksinya,

Para pendemo dengan jumlah Ratusan Massa yang ingin datang merasa tidak puas karena gagal mencoblos ulang di TPS Tiga Melati,

Massa mulai beringas dengan membakar ban Mobil bekas serta melempari aparat kemanan dengan air mineral serta benda lainnya.

Disaat aksi yang mendebarkan dan nyaris terjadi ‘Chekcok dengan sigap petugas dengan menggunakan sepeda motor langsung melepaskan gas air mata untuk menghalau massa tersebut, Serta tembakan air dari selang mobil pemadam kebakaran yang dilepaskan Tim gabungan pengamanan pemilu OKU berhasil memecah kerusuhan massa yang ingin mengagalkan di pemilihan umum tersebut, Kerumunan massa pun pecah dan lari menyelamatkan diri masing-masing.

Giat Simulasi Latihan Sispam Kota untuk hadapi Pemilihan Umum tahun 2019 tersebut. Disaksikan oleh Kapolres OKU, AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari, Bupati OKU Drs.H. Kuryana Azis, Dandim 0403/OKU, Letkol Agung Widodo S.Sos.Ketua KPUD OKU Naning Wijaya ST.Kepala Badan Kesbangpol Taufiq Zubir SH MM, dan para Kepala Dinas Camat serta yang lainnya.

Kapolres OKU yang didampingi Ketua Pelaksana Simulasi Latihan Kompol Mahmuddin Ginting menjelaskan,” Sebanyak 600 personil dikerahkan dalam Simulasi Latihan Sispam Kota dalam rangka menghadapi Pemilu Tahun 2019.

Sedangkan rincian Polri sebanyak 250 Personil terdiri dari masing-masing, Satgas Deteksi, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Pam Obvit, Satgas Gakkkum/Gakkumdu dan Satgas Ban Ops.,TNI Kodim 0403/OKU sebanyak 30 Personil. Sat Pol PP sebagai pasukan Dalmas Pendukung 60 Personil, Kemenhub 30 Personil, Personil PBK 20 Orang, Dinas Kesehatan 10 orang dan peserta pendukung 100 orang.

Simulasi Latihan Sispam Kota ini adalah” ada tiga latihan, yang pertama ada oknum pemilih yang mencoblos di 3 TPS berbeda sehingga memancing keributan di TPS.Kedua, penghadangan pengiriman kotak surat suara hasil pemunguatan suara dan ketiga penyerangan ke Kantor Bawaslu OKU yang berbuntut pada aksi dorong-dorangan antara massa dan Aparat keamanan sehingga nyaris terjadi Cekcok.,Untunglah berkat kesigapan aparat keamannan situasi berhasil dikendalikan dengan aman dan terkendali,”Pungkasnya (Adi).

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

News Feed